www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sumatera Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Alasan Kesinambungan, Pujasuma Ambil Sikap

Posted by On 00.44

Alasan Kesinambungan, Pujasuma Ambil Sikap

DR H Much Baryadi. Foto: Kris/Sumatera Ekspres

PALEMBANG â€" Paguyuban Jawa Sumatera (Pujasuma) Wali Daerah Sumatera Selatan satu suara dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 27 Juni nanti. Khususnya, calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel periode 2018-2023.
Induk paguyuban masyarakat Jawa di Sumatera itu, sepakat mengusung, mendukung serta memenangkan pasangan nomor urut empat, H Dodi Reza Alex Noerdin-H M Giri Ramanda N Kiemas. “Kami Pujasuma dari 17 kabupaten/kota telah bersepakat. Bulat mendukung nomor empat pada pilgub nanti,” kata Mulyono, utusan Pujasuma Empat Lawang usai pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pujasuma Sumsel di Aula Asrama Haji Palembang, kemarin (3/6) siang.
Banyak pertimbangan Pujasuma Sumsel memilih pasangan calon dengan jar gon “Sumsel Memanggil Kita” ini. Salah satunya demi kesinambungan pembangunan. Sebagaimana diketahui, Sumsel kini telah maju pesat di bawah kepemimpinan Gubernur H Alex Noerdin. “Pak Alex butuh penerus yang visioner. Saya kira, itu ada pada sosok Pak Dodi dan Pak Giri,” tuturnya.
Ketua Pujasuma Wali Daerah Sumsel Dr H Much Baryadi SE MM, mengatakan, rakerda digelar sesuai mandat anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART). Menjadi sarana tukar menukar informasi. “Hadir dalam kegiatan ini 400 peserta. Mereka utusan dari Pujasuma 17 kabupaten/kota se-Sumsel dan 17 kecamatan di Palembang,” bebernya.
Kata Baryadi, Pujasuma bangga karena rakerda dihadiri langsung Gubernur Alex Noerdin. “Ini momen saling berbagi pengetahuan. Sekaligus memperkuat rasa persaudaraan,” katanya.
Pujasuma sebagai organisasi atau paguyuban nirlaba mengedepankan suasana guyub rukun ditopang sikap kegotong-royongan, kekeluargaan dan kebersamaan. “Selalu berusaha menjaga perilaku warga agar bisa toleran. Menghormati semua pihak. Juga tetap mendukung pemerintahan yang sah demi menjaga keutuhan dalam berbangsa dan bernegara,” tambah mantan manajer Sriwijaya FC ini.
Di mana pun berada, Pujasuma harus bisa menerapkan falsafah budaya Jawa “mamayu hayuning bawono, tata tentrem karya raharja”. Artinya, selalu berupaya demi terciptanya sebuah tatanan hidup bersama yang aman, tenteram dan sejahtera.
“Sebentar lagi ada hajatan besar Pilkada Serentak, 27 Juni. Disusul Asian Games XVIII-2018, 18 Agustus-2 September. Kemudian April 2019 ada Pilpres dan Pileg. Agar semua sukses membutuhkan suasana aman dan tertib. Di sisi lain gerakan radikalisme dan terorisme tetap menjadi ancaman yang tidak main-main,” terang pengusaha asal Sleman, Jogjakarta ini.
Untuk itu, peran serta Pujasuma sangat dibutuhkan. Membantu terwujudnya keamanan dan ketertiban mayarakat (kamtibmas). “Marilah kita mengatasi problema bangsa dengan pendekatan nglurug tanpa bola, mena ng tanpa ngasorake (bersedia dan rela mengalah demi kejayaan di kemudian hari),” tandas pria berkacamata ini.
Gubernur Alex mengaku bersyukur di Sumsel belum pernah terjadi dan insya Allah tidak akan terjadi kerusuhan antarsuku serta keributan antaragama. “Itu adalah fondasi paling penting. Saya bicara berdasarkan bukti. Hidup damai di sini, zero conflict di Sumsel tidak hanya dikenal di Indonesia, namun dunia internasional. Karena ini menjadi persyaratan Asian Games,” kata Alex.
Ditambahkannya, Sumsel sekarang sudah menjadi salah satu provinsi disegani di Indonesia. “Banyak program kita diakui nasional. Seperti sekolah dan berobat gratis,” tambah mantan bupati Muba ini.
Menurut Alex selama ini juga selalu merangkul semua suku. Tidak terkecuali Pujasuma. Terbukti, Joko Imam Santosa sekretaris Pujasuma Sumsel pernah jadi pelaksana tuga (Plt) Sekda Provinsi Sumsel. “Ada juga Kepala Disdik Pak Widodo dan lainnya. Yang utama kompetensi. Kalau saudara tidak berkom petensi, tentu tidak akan saya beri kesempatan,” tandasnya. (ion/ce1)

Berita Lainnya!

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, Sosia... Kemenangan Bursah â€" Parhan Momentum Keb... Survei SMRC Unggulkan Harno-Fitri LKPI Prediksi Sarimuda-Rozak Menang Besar Sumber: Google News | B erita 24 Sumsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »