www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sumatera Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Wujudkan Stabilitas Harga Pangan, Sumsel Bisa Kirim Puluhan Ton ...

Posted by On 19.57

Wujudkan Stabilitas Harga Pangan, Sumsel Bisa Kirim Puluhan Ton ...

Berita Palembang

Wujudkan Stabilitas Harga Pangan, Sumsel Bisa Kirim Puluhan Ton Beras di Beberapa Wilayah Indonesia

Seperti diketahui, produksi beras di Provinsi Sumatera Selatan mengalami surplus hingga 2,3 Juta ton.

Wujudkan Stabilitas Harga Pangan, Sumsel Bisa Kirim Puluhan Ton Beras di Beberapa Wilayah IndonesiaSRIPOKU.COM/HARIS WIDODOPekerja mengangkut beras di sebuah gudang beras di Palembang, Rabu (24/1/2018).

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Seperti diketahui, produksi beras di Provinsi Sumatera Selatan mengalami surplus hingga 2,3 Juta ton.

Imbasnya, bakal Tuan rum ah Asian Games 2018 mendatang ini mampu mendistribusikan beras tidak hanya di Sumsel, namun juga daerah lainnya, salah satunya ke Toko Tani Indonesia (TTI) Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

Dalam sekali kirim, Sumsel bisa mensuplai ke Jakarta hingga 10 Ton. Jumlah tersebut akan disesuaikan dengan permintaan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel Taufik Gunawan usai Apel Siaga Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM)/TTI, Gelar Pasar Murah dan Bazar Pangan Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Tahun 2018, di Halaman Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel, Kamis (3/5/2018).

"Ini sekaligus untuk mendukung agar terwujudnya stabilitas harga pangan di Indonesia. Suplai tak hanya ke Jakarta tapi juga dari Jambi, Lampung, Bangka dan Riau," ujarnya.

Menurut Taufik, hasil produksi beras banyak disuplai Gabungan Kelompok Tani dari Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) Bany uasin dan daerah lainnya.

Dimana dari data yang ada, Gapoktan di Sumsel sejak tahun 2016 kian bertambah. Di 2016 sebanyak 16 Gapoktan, 2017 sebanyak 20 dan 2018 ini bertambah 51.

"Total Gapoktan yang ada sudah mencapai 81," ujarnya.

Dengan adanya pemasaran beras dari Gapoktan selaku produsen langsung ke pasar tingkat kosumen di ibu kota negara untuk membantu penstabilan harga, produsen dapat menikmati harga layak dan konsumen membeli dengan harga yang lebih murah.

Ia menambahkan, pihaknya pun memiliki Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang berada di halaman Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel.

Melalui toko tersebut, masyarakat dapat membeli harga beras dengan harga yang terjangkau. Selain beras, di toko ini menjual juga sembako lainnya seperti bawang, cabai, gula, minyak dan lain sebagainya.

“kita berharap dengan adanya Gapoktan, saat harga melonjak tinggi bisa tetap dijual dengan harga layak, terlebih menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini,” tutupnya.

Penulis: Rahmaliyah Editor: Reigan Riangga Sumber: Sriwijaya Post Ikuti kami di Istri Sujud ke Suami hingga Nyaris Pingsan, Ternyata Ini yang Terjadi saat Belanja di Warung Sumber: Google News | Berita 24 Sumsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »