www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sumatera Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Jadi Doktor Psikologi Pertama di Sumsel, Ini Terobosan yang Dibuat ...

Posted by On 16.53

Jadi Doktor Psikologi Pertama di Sumsel, Ini Terobosan yang Dibuat ...

Jadi Doktor Psikologi Pertama di Sumsel, Ini Terobosan yang Dibuat Uyun

Aktif sebagai dosen tidak menghalangi Uyun untuk terlibat di kegiatan lain. Lewat HIMPSI, kegiatan yang dilakukan bisa menjangkau masyarakat.

Jadi Doktor Psikologi Pertama di Sumsel, Ini Terobosan yang Dibuat Uyundok. pribadiMuhammad Uyun

Laporan wartawan Sriwijaya Post, Refly Permana

SRIPOKU.COM, PALEMBANG--Muhamad Uyun bukan hanya dikenal sebagai Wakil Dekan I Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Pria yang mendapat gelar Doktor Psikologi, pertama di Sumatera Selatan, ini juga disibukkan dengan jabatan Ketua Himpunan Psikologi Indones ia (HIMPSI) Sumatera Selatan, Ketua Tim Pemilukada tahun 2017 untuk Tes Kesehatan Rohani Sumatera Selatan, Lampung dan Babel, Ketua Tim Pemilukada tahun 2018 Tes Kesehatan Rohani Sumatera Selatan-Babel, anggota Dewan Pertimbangan Pengurus Pusat Asossiasi Psikologi Islam (API), dan Ketua Dewan Pakar APPKhI Sumatera Selatan.

Berikut kutipan wawacaranya dengan wartawan Sriwijaya Post, Refly Permana.

Saat ini, Anda menjabat Wakil Dekan I Fakultas Psikologi di UIN Raden Fattah Palembang. Bisa diceritakan perjuangan seperti apa yang sudah Anda lakukan untuk meraih posisi ini, mengingat usia yang bisa dikatakan relatif muda? Adakah kesulitan yang dijumpai? Pun begitu saat dalam proses mendapat gelar doktor, dari awal kuliah sampe akhirnya dapat S3.

Jabatan sebagai amanah, saya tidak pernah dan anti meminta jabatan, mungkin lebih tepatnya saya mendapatkan jabatan tersebut datang pada waktu dan saat yang tepat. Tidak ada kesulitan yang berarti, baik pada saat me nerima dan menjalaninya, yang penting niatnya ibadah dan jangan jadikan beban. Kendala pada saat proses studi S3 pasti ada, hanya saja yang yang lebih penting bagaimana kita mampu dan bisa menyelesaikannya.

Kendala itu bisa kita prediksi, dengan demikian tentu bisa kita beri solusi. Gunakan pendekatan dan teori psikologi (sembari tertawa). Untuk finansial, sebenarnya ada kekurangan. Tapi, alhamdulillahnya, sejak SMA sampai dengan S3 kebetulan ada saja yang memberikan beasiswa.

Uyun (tiga dari kiri) ketika menghadiri Mou Fakultas Psikologi UIN RF dengan Fakultas Sosbud UII Yogyakarta.
Uyun (tiga dari kiri) ketika menghadiri Mou Fakultas Psikologi UIN RF dengan Fakultas Sosbud UII Yogyakarta. (dok. pribadi)

Sebagai dosen biasanya ada karya ilmiah yang telah dibuat, misalnya dalam bentuk buku atau pun jurnal, adakah itu?
Ada beberapa buku dan jurnal, misalnya Psikologi di Indonesia (survey literatur, kurikulum, dan tenaga ahli psikologi Islam), Buku Haki: orientasi tujuan dan efikasi akademik terhadap kecurangan akademik pada mahasiswa, Hubungan Kreativitas dan Inteligensi dengan Prestasi Belajar pada Siswa Akselerasi, Pengaruh Beasiswa terhadap Prestasi Belajar pada Mahasiswa Prodi Psikologi Islam, dan masih banya lainnya.

Di HIMPSI atau mungkin di fakultas Anda, terobosan atau program apa yang sudah dibuat?
Terobosan untuk HIMPSI, saat ini secara struktural baru sampai wilayah, yaitu terletak di setiap provinsi. Nanti kita akan buat cabang yang artinya setiap kabupaten ada perwakilan. Tujuannya biar lebih dekat dengan masyarakat dan komunitas psikolog lebih mampu mendengar dan membantu problem psikologis masyarakat.

Untuk fakultas, kita mulai sederhanakan sistem admisi mahasiswa. Selanjutnya kita buat lembaga untuk memperkuat fakultas misalnya lembaga psikologi terapan. Lem baga bahasa. Jurnal fakultas. Jangka pendek tentu saja meningkatkan akreditasi prodi dari B ke akreditasi A. Selain ini membuka satu prodi baru.

Saat ini yang jelas kita lagi semangat-semangatnya membentuk link fakultas yang produknya pertukaran pelajar dan double degree dengan perguruan tinggi di negara tetangga, yaitu Malaysia.

Uyun (tengah, baju batik) bersama tim Pemeriksa Kesehatan Jasmani, Rohani, dan BNN Pemilukada 2018 di RSMH Palembang.
Uyun (tengah, baju batik) bersama tim Pemeriksa Kesehatan Jasmani, Rohani, dan BNN Pemilukada 2018 di RSMH Palembang. (dok. pribadi)

Biodata:
Nama: Muhamad Uyun/ Uyun Salim
Tempat/tgl. Lahir: Tanjung Enim, 15 Nopember 1974
Jabatan: Wakil Dekan I Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang
Ortu: H. Muhamad Salim (alm, ayah) dan Hj. Suraijah (ibu)
Isteri dan anak: Yuli Bahriah, Muhammad Azriel dan Intan Valaerina Maharani
Pendidikan terakhir: S3 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Psikologi Pendidikan Islam 2017
Riwayat Pekerjaan: -STIPSi Abdi Nusa sebagai Pegawai, tahun 2001 akhir,

-dosen di Iniversitas Bina Darma Fak. Psikologi, tahun 2002-2007

-UIN Raden Fatah sebagai Dosen ASN, tahun 2007 sampai sekarang.
Organisasi Profesi:
-Ketua HIMPSI Wil. Sumatera-Selatan, 2018-2021
-Ketua Tim Pemilukada tahun 2017 Tes Kesehatan Rohani untuk Sumatera Selatan, Lampung dan Babel
-Tim Seleksi Panwas Kab/Kota Se Sumatera Selatan tahun 2017
-Ketua Tim Pemilukada tahun 2018 Tes Kesehatan Rohani untuk Sumatera Selatan (10 kab/kota dan prov), Babel (3 wilayah)
-Anggota Dewan Pertimbangan Pengurus Pusat Asossiasi Psikologi Islam (API), api-himpsi.org
-Ketua Dewan Pakar APPKhI Sumatera Selatan.
-Ketua Lembaga Psikologi Terapan (LPT) Fak. Psikologi UIN Raden Fatah Palembang tahun 2017

Penulis: Refli Permana Editor: Refly Permana Sumber: Sriwijaya Post Ikuti kami di Anaknya Viral dan Ditangkap Polisi karena Curi Uang di ATM, Sang Ibu Buat Pengakuan Mengejutkan Sumber: Google News | Berita 24 Sumsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »