www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sumatera Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ini Daerah Pinggiran Sumsel Yang Lakukan UNBK

Posted by On 04.19

Ini Daerah Pinggiran Sumsel Yang Lakukan UNBK

Pendidikan Ini Daerah Pinggiran Sumsel Yang Lakukan UNBK Ini Daerah Pinggiran Sumsel Yang Lakukan UNBKSuasana Ujian Di Sekolah Pinggiran Sumsel (FOTO: Istimewa) Senin, 09 April 2018 - 16:33 1.62k

TIMESINDONESIA, JAKARTA â€" Meski berada di pelosok, dua sekolah menengah atas di Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2018 mampu menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dua sekolah tersebut yaitu SMAN 1 dan SMAN 2 Air Sugihan, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan. < /p>

Kepala Sekolah SMAN 2 Air Sugihan Darmawan, S. Pd, MM mengungkapkan, meski berada di pelosok sebanyak 104 anak didiknya pada tahun ini bisa mengikuti Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK).

“Tahun ini yang pertama, guru-guru dan siswa bertekad untuk menyelenggarakan UN berbasis Komputer,” ungkap Darmawan, Senin (9/4/2018).

Untuk menyelenggarakan UNBK, Darmawan mengungkapkan pihak sekolah didukung oleh banyak pihak seperti jaringan listrik dari Pemerintah Daerah yang telah dinikmati oleh warga Air Sugihan dan jaringan internet yang dibackup penuh oleh PT OKI Pulp & Paper.

"Alhamdulillah sudah ada listrik ditambah jaringan internet dari perusahaan, tahun ini kita bisa menyelenggarakan Ujian Nasional berbasis Komputer," terangnya.

Menurut Darmawan, pihaknya sengaja bikin terobosan dalam hal pendidikan kepada siswanya yang ada di daerah pelosok agar tidak kalah dengan pendidikan siswa yang berada diperkotaan.

< p>"Meski baru pertama kali mereka tidak merasa kaku atau ragu lagi untuk mengerjakan ujian karena terus diajak simulasi," ujarnya.

Metode ujian Berbasis Komputer (UNBK) ini menurut Darmawan sangat istimewa, karena menjamin tidak ada kebocoran soal dan mencegah para peserta didik untuk melakukan kecurangan.

"Bukan hanya meningkatkan kompetensi anak didik, secara moral kita menginginkan tidak adanya kecurangan pada pelaksanaan ujian nasional, tapi secara sistem tidak bisa dimanipulasi, tidak bisa curang, tidak bisa menyontek, itu keuntungannya," katanya memaparkan.

Pelaksanaan UNBK di sekolahnya menurut Darmawan dibagi menjadi 3 sesi perharinya dengan menggunakan 25 perangkat komputer milik sekolah ditambah 11 laptop yang dipinjam dari guru.

“Sekolah memang masih kekurangan perangkat komputer, sisanya dipinjam dari guru, yang penting siswa bisa ujian dan dapat hasil terbaik,” ungkapnya.

Sedangkan di SMAN 1 Air Sugihan sebanyak 151 orang siswa mengikuti UNBK, di Sekolah ini ujian di bagi menjadi 2 sesi, bahkan seluruh siswa disekolah ini telah memiliki personal komputer.

“Kebetulan habis panen, jadi semua siswa masing-masing punya laptop, dari sekolah kita juga siapkan 7 unit komputer cadangan," ungkap Drs. Suroto, M. Si, Kepala Sekolah SMAN 1 Air Sugihan.

Sementara itu, Husni, S. Pd Teknisi dari SMK 3 Kayuagung yang diperbantukan di Air Sugihan mengungkapkan sejak dimulainya UNBK pada pukul 7.30 pagi tadi tidak ada kendala teknis yang mengganggu peserta ujian.

“Kecepatan internetnya tinggi, kita sambungkan melalui jaringan radio sepanjang 15 km dari pusat server di PT OKI Pulp. Tadi memang ada gangguan server di SMAN 1 karena disana masih pakai modem tapi bisa teratasi” ungkap Husni. (*)

You can tell friends this news!
Pewarta : Fathur Rochman
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Palembang TIMES

Berita Lainnya

Spectr News Theme 1.38k

Pemain Timnas Indonesia Saddil Ramdani Jalani UNBK

Spectr News Theme 1.88k

Dies Natalis Ke-17 STPP Malang Ambil Tema Agrosociopreneur

Spectr News Theme 5.12k

6265 Siswa SMA di Gresik Ikuti UNBK

Spectr News Theme 3.93k

1200 Siswa SMA/MA di Kota Batu Ikuti UNBK

Spectr News Theme 2.70k

Dispendik Banyuwangi Mestinya Dukung Program Beasiswa Perhotelan

Spectr News Theme 17.23k

Tim Debat UIN Malang Raih Juara Tingkat ASEAN

Spectr News Theme 3.90k

Tahun 2018, Ada 9.673 Pelajar SMP di Probolinggo yang Mengikuti UN

Spectr News Theme 5.76k

Optimalisasi Pembelajaran, SMK Al-Muniroh Gresik Kunjungi TV 9 NUsantara

Spectr News Theme 3.17k

Panlok 58 Jember Resmi Buka Pendaftaran SBMPTN 2018

Sumber: Google News | Berita 24 Sumsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »