www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sumatera Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Lembaga Internasional dan Bank Asing Danai Proyek Panas Bumi ...

Posted by On 15.25

Lembaga Internasional dan Bank Asing Danai Proyek Panas Bumi ...

  • Home
  • Berita
  • Energi

Energi

Lembaga Internasional dan Bank Asing Danai Proyek Panas Bumi di Sumsel PT Supreme Energy Rantau Dedap/SERD sebagai pengelola proyek panas bumi itu mendapat suntikan US$ 540 juta. Panas Bumi Geothermal Senin 26/3/2018, 14.36 WIB Anggita Rezki Amelia Denmark Nilai Indonesia Berlimpah Sumber EBT yang Bisa Dimanfaatkan IFC Akan Kucurkan Rp 13 Triliun untuk Energi Terbarukan di Indonesia Tiga Bulan Pertama, Jonan Sudah Cabut 186 Regulasi Sektor Energi

Lembaga internasional dan bank asing siap mendanai pro yek pembangkit listrik tenaga panas bumi di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Nilai pinjaman yang diberikan kepada PT Supreme Energy Rantau Dedap/SERD sebagai pengelola proyek mencapai US$ 540 juta atau Rp 7,4 triliun.

Pemberi pinjaman itu yakni Japan Bank for International Cooperation (JBIC), Asian Development Bank (ADB) dan kelompok bank komersial internasional (yang terdiri dari Mizuho Bank Ltd., Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation), dengan perusahaan Nippon Export and Investment Insurance sebagai penjamin. Perjanjian pembiayaan itu diteken Jumat (23/3) di Jakarta.

Daftar newsletter Katadata sekarang! Dapatkan berita terbaru pilihan kami melalui email Anda setiap hari (Senin - Jumat). Saya setuju untuk menerima promosi dari produk & layanan Katadata. Kode Keamanan Baru Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan Email sudah ada dalam s istem kami, silakan coba dengan email yang lainnya. Alamat email Anda telah terdaftar Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi Silahkan mengisi alamat email Silahkan mengisi alamat email dengan benar Masukkan kode pengaman dengan benar Silahkan mengisi captcha

Dari jumlah tersebut, ADB memberikan pinjaman sebesar US$ 175,3 juta dan tambahan dari Clean Technology Fund sebesar US$ 50 juta. Sedangkan Japan Bank for International Cooperation US$ 188,8 juta. Adapun tiga bank komersional internasional itu memberikan pinjaman US$ 125,9 juta.

Kepala Unit untuk Indonesia di Departemen Operasi Sektor Swasta ADB, Yuichiro Yoi mengatakan pembiayaan ini merupakan alokasi risiko yang berpengaruh terhadap kesuksesan sektor swasta dalam mengembangkan proyek panas bumi di Indonesia. “Proyek ini juga menunjukkan komitmen kuat Indonesia dalam mengembangkan sumber energi terbarukan guna mendiversifika sikan bauran energinya dan mengurangi emisi karbonnya,” kata berdasarkan keterangan resminya, Senin (26/3).

Menurut Yuichiro Indonesia berperan penting dalam mengurangi emisi karbon dioksida hingga 29% di tahun 2030. Ini karena Indonesia memiliki potensi pembangkit listrik panas bumi sekitar 29.000 Mega Watt (MW) atau sekitar 40% cadangan panas bumi dunia.

Presiden & CEO Supreme Energy, Supramu Santosa mengatakan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) Rantau Dedap mencapai 98,4 MW (bruto). Proyek ini berlokasi di Daerah Muara Enim, Lahat dan Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatra Selatan.
Untuk mengembangkan proyek ini, SERD telah menunjuk Kontraktor EPC, konsorsium PT Rekayasa Industri dan Fuji Electric Co., Ltd. Proyek ini diharapkan akan selesai pada tahun 2020 mendatang. "Ini akan mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) sebanyak 486.000 ton per tahun," ujar Supramu.

(Baca: Denmark Nilai Indonesia Berlimpah Sumber EBT yang Bisa Dimanf aatkan)

SERD adalah perusahaan patungan yang terdiri dari PT Supreme Energy, ENGIE dari Perancis, Marubeni Corp dan Tohoku Electric Power Co., Inc. dari Jepang. Adapun proyek pembangkit Dedap ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan ADB guna mengatasi risiko dan memitigasi dampak perubahan iklim di negara berkembang.

Artikel Terkait Denmark Nilai Indonesia Berlimpah Sumber EBT yang Bisa Dimanfaatkan Indonesia memiliki potensi energi baru terbarukan sekitar 200 hingga 400 GW. IFC Akan Kucurkan Rp 13 Triliun untuk Energi Terbarukan di Indonesia Bantuan ini untuk mengembangkan infrastruktur energi baru terbarukan di Indonesia. Tiga Bulan Pertama, Jonan Sudah Cabut 186 Regulasi Sektor Energi Tujuan menghapus aturan itu adalah untuk menarik iklim investasi.

Berita Terpopuler

Nasional Dibubarkan, Aset Bapertarum Akan Dibagikan untuk PNS dan Pensiunan "Karena Bapetarum- PNS ini pada dasarnya uang PNS. Jadi kalau dilikuidasi aset Bapetarum dikembalikan ... Nasional Tommy Soeharto Gaet Petinggi Golkar Jadi Sekjen Partai Berkarya Mantan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso direkrut Tommy Soeharto menjadi Sekretaris Jenderal Partai ... Keuangan Masuk ke Tapera, PNS Aktif Tak Bisa Ambil Tabungannya di Bapertarum PNS hanya bisa mengambil dana Taperum untuk membeli rumah atau setelah pensiun Transportasi Tahun Depan Mobil Pribadi yang Masuk ke Jakarta Harus Bayar "Jadi, kalau mobil dari Bekasi melintasi perbatasan Jakarta, langsung kena bayaran," kata Kepala BPT ... Nasional Demokrat Keberatan PDIP Serang SBY Atas Penyebutan Puan dan Pramono Demokrat menganggap Sekjen PDIP berupaya cuci tangan dengan menyerang SBY dan partainya. Infrastruktur Terlalu Mahal, Jokowi Perintahkan Turunkan Tarif Tol Basuki mengatakan solusi yang tepat agar tarif tol bisa diturunkan adalah d engan memperpanjang masa ... Energi Harga Pertalite Naik Lagi Rp 200 per Liter Salah satu pertimbangan menaikkan harga adalah harga bahan baku yang meningkat di atas US$ 60 per ba ... Makro Batas Waktu Lapor SPT Hampir Berakhir, Ini Harta yang Wajib Dilaporkan Ditjen Pajak menjelaskan, penambahan harta hanya dapat terjadi apabila wajib pajak sudah melaporkan ... Nasional Megawati Kantongi Daftar Nama Cawapres Jokowi PDIP membentuk tim internal untuk menjaring nama-nama cawapres secara terbatas dan tertutup.

Opini

Franky Oesman Widjaja Franky O Widjaja

Kunci Ketaha nan Pangan adalah Produktivitas

Paulus Sutisna Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna

Bila Ingin Bertahan, Harus Bekerja Sama dengan Fintech

Yustinus Prastowo Yustinus Prastowo

Sudah Mati pun Dipajaki?

Fadjar Hutomo Fadjar Hutomo

Nasabah Kaya Perlu Jadi Pemodal Start-up

Ari H. Soemarno Ari Soemarno

Risiko Kegaduhan dari Nomenklatur Baru Pertamina

Baca juga Premium pertamina Energi Pertamina Akan Kurangi Premium Saat ASIAN Games & amp; Pertemuan IMF Konstruksi Infrastruktur Marak Kecelakaan Kerja, 3 BUMN Konstruksi Masih Cetak Laba Besar Susi Pudjiastuti Maritim Susi: Saya Tidak Dilibatkan dalam Penyusunan PP Impor Garam PGN Saka Energi Genjot Produksi, Saka Bor 12 Sumur di Lapangan Fasken Tahun Ini Infomark Kinerja Antam 2017 (2) Infomark Kinerja Antam 2017 Melesat Membangun Indonesia Sentris Infomark Membangun Indonesia Sentris Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru Infomark Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru PROPER: Pertamina Berkomitmen Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup Infomark Komitmen Pertamina Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup Sumber: Google News | Berita 24 Sumsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »