www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sumatera Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Festival makan durian

Posted by On 20.38

Festival makan durian

Festival makan durian

id durian,buah durian, festival makan durian, makan duren,musim durian,pedagang durian, duren

Arsip - Sentra pasar durian di Pasar Kuto Palembang (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/16)

Singaraja, Bali (ANTARA News Sumsel) - Objek agrowisata "Rama Shinta Farm" (RSF) Buleleng, Bali, menggelar "Festival Makan Durian (FMD) 2018" di kawasan Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng pada 4 Maret 2018 untuk mengangkat potensi sumberdaya alam dan agrowisata setempat.
"Kami menggelar Festival Makan Duren (FMD) untuk memperkenalka n potensi Desa Tajun sebagai salah satu desa penghasil buah durian di Buleleng, sekaligus mengangkat potensi wisata agro," kata pemilik Rama Shinta Farm, Made Arnaja, di Buleleng, Sabtu.
Ia menjelaskan Kabupaten Buleleng memiliki potensi perkebunan dan pertanian yang melimpah, karena kontur georafis dengan pegunungan yang luas membuat banyak varietas buah bisa tumbuh, seperti strawberry di Desa Pancasari, dam anggur di Desa Dencarik dan Desa Gerokgak.
Yang juga potensi menarik adalah buah durian di wilayah yang tinggi daerahnya sekitar 600 meter diatas permukaan laut (mdpl), diantaranya Desa Gitgit, Desa Bestala dan Desa Tajun.
"Melimpahnya hasil perkebunan buah di Buleleng berdampak banyak terhadap perekonomian dan pariwisata. Potensi yang ada harus dapat dimanfaatkan dengan baik," katanya.
Menurut dia, salah satu cara untuk menggaungkan Kabupaten Buleleng sebagai sentra buah-buahan di Bali dapat dilakukan dengan cara menggelar acara yang terfokus ter hadap pertanian dan perkebunan, sehingga berdampak langsung terhadap para petani selaku konsumen dan masyarakat selaku distributor dan konsumen.
"Karena itu, kami menggelar Festival Makan Duren yang acaranya dikemas dalam bentuk Festival Rekreasi. Festival digelar selama sehari penuh. Acara dilakukan di tengah perkebunan durian yang ada di agrowisata Rama Shinta Farm," katanya.
Pemilihan tempat ini didasarkan ingin memberikan sensasi yang berbeda dengan menikmati buah durian langsung di bawah pohon durian. "Dalam festival ini, peserta bisa makan durian sepuasnya, mendapatkan pengetahuan tentang buah naga, dan Fun Game," katanya.
Sementara itu, Ketua Panitia FMD Pande Sriasih mengatakan peserta Festival Makan Duren akan dibuat "mabuk durian" dengan ditambah pengetahuan tambahan tentang cara tanam, perawatan dan bibit buah naga gratis, juga akan disiapkan Fun Game untuk menghibur para peserta.
Festival ini cukup berbeda dengan festival lai nnya, selain berkonsep rekreasi, bagi yang ingin terlibat dalam Festival Makan Durian dikenakan tiket sebesar Rp150.000 dan dibatasi maksimal untuk 300 orang peserta.
"Hingga saat ini peserta telah mencapai 150 orang yang terdiri dari warga buleleng dan luar buleleng. Buah yang disiapkan adalah buah durian lokal Desa Tajun yang jumlahnya diperkirakan sekitar 400 buah durian yang siap memanjakan para peserta," katanya.
Pewarta : Krishna Arisudana dan IMB Andi Purnomo
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Kuliner Sumsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »