www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sumatera Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

BPK akui dapat fasilitas hiburan malam Jasa Marga

Posted by On 02.03

BPK akui dapat fasilitas hiburan malam Jasa Marga

BPK akui dapat fasilitas hiburan malam Jasa Marga

id bpk, huburan malam, jasa marga, fasilitas hiburan malam

Arsip - BPK Sumsel. (FOTO ANTARA)

...Ada karoke di Havana tanggal 8 Mei 2017 saat pemeriksaan masih berlangsung. Dari Jasa Marga ada Pak Cucu, Andriansyah dan Pak Asep, kami mulai pukul 21.00 sampai sekitar 00.00 WIB... Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Tim auditor Badan Pemeriksa Keuangan mengakui mendapat fasilitas hiburan malam dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk cabang Purbaleunyi saat melakukan Pemeriksaan dengan Tujuan Tertentu (PDTT) terhadap perusahaan itu.
"Ada karoke di Havana tanggal 8 Mei 2017 saat pemeriksaan masih berlangsung. Dari Jasa Marga ada Pak Cucu, Andriansyah dan Pak Asep, kami mulai pukul 21.00 sampai sekitar 00.00 WIB," kata Ketua Subtim pemeriksa BPK Kurnia Setiawan Sutarto di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis.
Kurnia menjadi saksi untuk terdakwa auditor BPK Sigit Yugoharto yang didakwa menerima 1 unit motor Harley Davidson senilai Rp115 juta, THR dan beberapa kali fasilitas hiburan malam di tempat karoke sejumlah Rp107,877 juta dari General Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk cabang Purbaleunyi Setia Budi.
Kurnia mengakui selain karoke di Havana, mereka mendapat fasilitas karoke di Las Vagas Plaza Semanggi Jakarta.
"Di Las Vegas mengajak Sigit, dan dapat THR Rp2 juta, diberikan untuk saya, tapi sumbernya saya tidak tanya. Saya juga pernah dititipi THR untuk Roy," ungkap Kurnia.
Roy yang dimaksud adalah Roy Steven yang juga anggota tim pemeriksa BPK untuk PDTT Jasa Marga Purbale unyi.
"Saya ditipi di amplop dan ada kode nama, ya sudah saya berikan saja, tapi akhirnya saya kembalikan lagi karena saya tidak mau membagikan, cuma punya Roy saja dan saya tidak lihat isinya," tambah Kurnia.
Roy yang juga menjadi saksi dalam sidang tersebut mengakui pernah diajak ke tempat hiburan malam Las Vegas Plaza Semanggi.
"Di Las Vegas ada tiga kali, yang keempatnya di Havana, saya ikut karena diajak teman-teman, termasuk terdakwa karena nanti ada rencana makan malam," kata Roy.
Biaya untuk hiburan itu mencapai Rp40 juta.
Selain tim BPK, sejumlah pegawai PT Jasa Marga ikut ke tempat hiburan malam tersebut, salah satunya Deputi GM Graffic Management PT Jasa Marga (Persero) cabang CTC Muh Djuni Runadi. Dalam dakwaan Sigit, Djuni bersama tim pemeriksa BPK pada Juli 2017 mendatangi karoke Las Vegas dan menghabiskan biaya Rp30 juta.
"Yang bayar di Las Vegas Pak Setiabudi dan Pak Sucandra dari CTC, saya ikut dua kali ke sana karena saya khawatir ditanya temuan audit," kata Djuni yang juga menjadi saksi.
Karoke di Havana Spa & Karoke di Jalan Sukajadi No 206 Bandung yang menghabiskan biaya Rp41,721 juta diketahui dibayarkan oleh Janudin dari PT Gienda Putra yang merupakan subkon pelaksana beberapa proyek di PT Jasa Marga cabang Purbaleunyi.
"Di Havana mulai jam 23.00 sampai 02.30 WIB, dibayar rekanan Pak Jainudin, dia sebagai subkon ke PT 3M karena diperintahkan Pak Setia Budi," kata Assisten Manajer PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi Cucup Sutisna yang juga menjadi saksi.
Cucup juga diperintahkan untuk membeli 1 unit sepeda motor Haryel Davidson Sportser 883 senilai Rp115 juta untuk Sigit Yugoharto.
"Saya dikasih uang Rp115 juta sama Setia Budi dan alamat tempat motor. Paginya, saya disuruh mengantar uang ke tempat yang punya motor di riung Bandung," ungkap Cucup.
Atas perbuatannya tersebut, Sigit didakwa berdasarkan pasal 12 huruf b atau pasal 11 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 64 ayat (1) KUHP.
Pewarta : Desca Lidya Natalia
Editor: Yudi Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Sumsel Polhukam

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »