www.AlvinAdam.com

Berita 24 Sumatera Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Mencegah kebakaran lahan gambut dengan kearifan lokal

Posted by On 09.34

Mencegah kebakaran lahan gambut dengan kearifan lokal

Mencegah kebakaran lahan gambut dengan kearifan lokal

id gambut, lahan gambut,hutan, kebakaran hutan, kebakaran gambut, karhutla,kearifan lokal,peneliti gambut, pakar gambut

Arsip - Kebakaran lahan di Dusun II Desa Rambutan Kec Indralaya Utara Kab Ogan Ilir, Indralaya, Sumsel. Minggu (23/8). (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/15)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Peneliti dari Center for Southeast Asian Studies Kyoto University Jepang, Prof Kosuke Mizuno mengatakan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan maka kearifan lokal harus dihormati.
"B anyak sekali kearifan lokal dan tiap daerah kondisinya memang berbeda, tapi harus dihormati," kata Prof Mizuno pada diskusi Kebijakan Pengelolaan Gambut di Indonesia ditinjau dari Aspek Ekologi, Ekonomi dan Sosial yang digelar di Kampus UI Salemba di Jakarta, Selasa.
Dia mencontohkan seperti menanam pohon sagu yang sangat ramah dengan gambut karena memang tumbuh di lahan basah sehingga tidak gampang menyebarkan kebakaran merupakan salah satu kearifan lokal.
Penelitian yang dilakukan timnya sejak 2008 di Riau menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia dibagi dua yaitu yang hidup bersama dengan gambut tidak menggarap secara intensif, lebih banyak pedagang atau nelayan.
Tapi ada juga yang memaksakan penggunaan tanah, membuat sawah atau pengolahan yang intensif. Menurut dia dari hasil penelitian tersebut lebih harmonis masyarakat lokal dibandingkan pendatang yang hidup dengan lahan gambut.
Sejak 1930-an masyarakat lokal hidup harmonis dengan gambut, tapi pada tahun 1980 -an banyak terjadi pembalakan namun belum terjadi kerusakan besar.
Pada 1990-an mulai terjadi kerusakan yang besar karena mulai dibuat Hutan Tanaman Industri (HTI) dan perkebunan akasia.
"Masyarakat ramai-ramai tebang kayu dan mulai tanam sawit karena banyak untungnya, tapi susah terwujud karena sering terjadi kebakaran lahan," ujar dia.
Maka jawaban untuk masalah tersebut adalah kembali pada kearifan lokal dan melakukan restorasi.
Restorasi lahan gambut merupakan program nasional yang menurut Prof Mizuno sebagain berhasil dan sebagian lagi belum menunjukkan kemajuan karena kearifan lokal itu yang harus dihargai.
Pewarta : Desi Purnamawati
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Ekonomi Sumsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »