www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sejumlah masjid di Palembang gelar salat gerhana

Posted by On 07.10

Sejumlah masjid di Palembang gelar salat gerhana

Sejumlah masjid di Palembang gelar salat gerhana

id sholat,berita palembang,gerhana bulan,bulan purnama,sholat gerhana,super moon,blue moon,gerhana bulan total

Arsip- Umat Islam Shalat berjamaah. (ANTARA /Muhammad Adimaja)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Masjid di kawasan permukiman penduduk Palembang, Sumatera Selatan menggelar salat gerhana bulan pada Rabu malam sekitar pukul 19:52 WIB atau bersamaan terjadinya gerhana bulan total.
"Gerhana bulan total yang diperkirakan BMKG serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Rabu (31/1) malam sekitar pukul 19:52 WIB, bersamaan terjadinya fenomena alam langka itu, pengurus Masjid Raya Komplek YPP Sekip Ujung mengajak warga sekitar komplek salat gerhana berjamaah menyambut kebesaran Allah SWT," kata tokoh masyarakat Komplek YPP Sekip Ujung Palembang, Truman S.O Bakri di Palembang, Rabu.
Menurut dia, berdasarkan penjelasan pihak Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) gerhana bulan tersebut merupakan fenomena alam sangat langka karena terdapat tiga kejadian alam dalam satu waktu yakni "super moon, blue moon, dan blood moon".
Fenomena alam tersebut adalah fenomena gerhana bulan yang terjadi bersamaan pada saat bulan yang merupakan satelit alami bumi berada di titik terdekat dengan bumi yang dikenal dengan istilah "super moon".
Sedangkan blue moon adalah istilah yang digunakan jika terdapat dua kali purnama dalam satu bulan yang sama, pada Januari 2018 ini, bulan purnama pertama terjadi pada Selasa (2/1) dan yang kedua pada Rabu (31/1).
Dalam perist iwa itu bulan akan tampak lebih besar dari purnama biasanya karena berada pada titik terdekat dengan bumi dan pada saat bersamaan akan terlihat merah seperti darah karena terjadi gerhana bulan sehingga disebut "blood moon".
Tiga fenomena alam dalam satu waktu itu terakhir terjadi di Indonesia pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun lalu, momentum sangat langka itu dinantikan banyak orang termasuk dirinya untuk menyaksikan tanda kebesaran Allah SWT, kata Truman.
Sementara Kakanwil Kemenag Sumsel Al Fajri Zaibidi mengajak umat Islam di Palembang dan 16 kabupaten/kota lainnya melaksanakan salat gerhana bulan (khusuf).
"Malam ini diperkirakan akan terjadi gerhana bulan super moon, sehingga perlu berdoa dan salat khusuf berjamaah di masjid-masjid, surau, dan mushala terdekat dengan kawasan permukiman penduduk," ujarnya.
(T.Y009/I016)
Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Palembang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »