www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ini dia tiga fenomena gerhana bulan di Sabuga

Posted by On 21.17

Ini dia tiga fenomena gerhana bulan di Sabuga

Ini dia tiga fenomena gerhana bulan di Sabuga

id gerhana bulan

Gerhana bulan (Ist)

Bandung (ANTARA News Sumsel) - Fenomena alam gerhana bulan pada 31 Januari 2018 dalam satu waktu yakni super moon, blue moon, dan blood moon bisa disaksikan di Gedung Sabuga Bandung.
Kegiatan itu bertajuk "Observasi Gerhana Bulan Total Bersama Dr Moedji Raharto", pada Rabu (31./1) dari jam 16:00-22:15 WIB yang diadakan oleh Planet Sabuga.
Pada acara tersebut juga akan ada pemutaran film edukasi gerhana, demo sains "Science Specta" oleh Planet Sains, diskusi mengenai gerhana dan pelun curan buku "Panduan Gerhana" karya Dr Moedji Raharto, serta ada pengamatan gerhana bulan menggunakan teleskop.
Penyelenggara juga menyiapkan delapan hingga sepuluh teleskop yang dapat digunakan oleh pengunjung dan pendaftarannya sendiri telah ditutup oleh pihak panitia, untuk menghidari membeludaknya pengunjung.
Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberi edukasi kepada masyarakat mengenai gerhana, khususnya kepada anak-anak dan mereka akan mendapatkan kesempatan untuk menonton film dan menyaksikan gerhana langsung dengan teleskop.
Planet Sabuga, selaku penyelenggaran acara ini berharap akan menambah minat anak-anak terhadap bidang astronomi. Kegiatan salat gerhana bersama pun akan dilaksanakan dalam kegiatan ini.
Tiga fenomena dalam satu waktu ini pun terakhir terjadi di Indonesia pada 31 Maret 1866 atau 152 tahun yang lalu dan jika kondisi tidak berawan, fenomena ini akan dapat dilihat jelas dengan mata telanjang.
"Tentunya gerhana bulan total ini tidak berbahaya untuk mata kita, dengan modal mata telanjang kita dapat melihatnya," kata Dr Moedji.
Blue moon sendiri adalah istilah yang digunakan jika terdapat dua kali purnama dalam satu bulan yang sama.
Pada bulan Januari ini, bulan purnama telah terjadi pada tanggal dua kemarin dan hal ini terjadi karena adanya perbedaan jumlah 12 periode bulan dengan periode revolusi Bumi.
Apabila bulan berada pada titik terdekat dari Bumi itulah yang disebut sebagai super moon, bulan akan lebih besar enam hingga tujuh persen dari ukuran biasanya namun, perubahan ukuran ini sulit dibedakan dengan mata langsung.
Blood moon sendiri adalah fenomena ketika bulan berwarna merah kecoklatan saat gerhana bulan. Hal ini terjadi karena hanya cahaya pada panjang gelombang merah yang berhasil menuju Bulan, setelah melawati atmosfer Bumi.
Warnanya bergantung pada seberapa banyak debu dan gas di atmosfer Bumi.
Berikut adalah rician waktu gerhana bulan total 31 Januari 2018 :- Awal Gerhana Bulan Penumbra : 17:51 WIB- Awal Gerhana Bulan Sebagian : 18:48 WIB- Awal Gerhana Bulan Total : 19:52 WIB
- Puncak Gerhana : 20:30 WIB
- Akhir Gerhana Bulan Total : 21:08 WIB
- Akhir Gerhana Bulan Sebagian : 22:11 WIB
- Akhir Gerhana Bulan Penumbra : 23:08 WIB
(U.A066/Y. Ali)
Pewarta : Ajat Sudrajat dan Rangga Mahardika
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Hiburan Unik Sumsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »