www.AlvinAdam.com


Berita 24 Sumatera Selatan

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kopi Kerinci berpotensi unggulan Indonesia

Posted by On 22.34

Kopi Kerinci berpotensi unggulan Indonesia

Kopi Kerinci berpotensi unggulan Indonesia

id kopi,kopi kereinji,kopi jambi,produk unggulan indonesia,berita palembang,berita sumsel,kopi khas indonesia

Pekerja menjemur biji kopi . (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Jambi (Antaranews Sumsel) - Pembeli biji kopi langsung di tingkat petani dari Vigilante Coffe Company, Awan Suryo Prasetyo mengatakan kopi arabika Kerinci berpotensi besar menjadi salah satu komoditas unggulan ekspor di Indonesia.
"Arabika Kerinci punya potensi menjadi komoditas unggulan ekspor dengan catatan petani harus konsisten terhadap proses pascapanen untuk meningka tkan kualitas," kata Awan Suryo Prasetyo di Jambi, Senin.
Menurut dia, kopi arabika Kerinci memiliki kriteria yang bagus dan tidak kalah dengan daerah lain. Dari segi cita rasa kopi Kerinci pun memiliki karakter yang menarik.
"Kopi arabika Kerinci punya karakter menarik, accidity (keasaman) ada, kemudian rasa rempah dan buahnya juga aga," kata dia dalam diskusi bersama sejumlah pegiat kopi di Jambi.
Vigilante Coffe Company merupakan kedai kopi independen yang berpusat di Whasington DC Amerika Serikat, membeli langsung kopi dari petani di Indonesia, termasuk kopi arabika Kerinci.
Bahkan kedai kopi tersebut telah memesan biji kopi (green bean) giling basah sebanyak satu kontainer atau 18 ton yang dibeli langsung ke petani di Kerinci.
"Kita membangun hubungan langsung dengan petani, karena kalau kita ingiN kopi yang bagus kita bisa kasih tahu mereka (petani) bagaimana kriterianya," katanya.
Untuk menjadi komoditas unggulan ekspor di Indo nesia itu kata Awan, petani atau pun prosesor kopi arabika Kerinci sangat dibutuhkan konsistensi terutama pada panen hingga proses pascapanen.
Jika petani atau pun proses kopi tidak konsisten pada proses itu demi mengejar untuk memenuhi pasokan, maka bisa membuat biji kopi tidak berkualitas sehingga pembeli atau buyer akan beralih.
"Harus konsisten ya, misalnya petik matang konsisten, kemudian proses pascapanen karena itu akan menentukan kualitas biji kopi yang bagus," katanya menjelaskan.
Di Provinsi Jambi, kopi arabika Kerinci tersebut hanya tumbuh di wilayah Kabupaten Kerinci yang merupakan daerah dataran tinggi dengan ketinggian 1.400-1.700 meter dari permukaan laut (mdpl).
Selain arabika, Jambi juga memiliki jenis tanaman kopi Robusta yang tumbuh di wilayah Kabupaten Merangin yang merupakan daerah dataran sedang dengan ketinggian rata-rata 800 MDPL.
Kemudian kopi jenis Liberika juga dimiliki Jambi. Kopi Liberika tersebut tumbuh di lahan gambut data ran rendah dengan ketinggian 0-100 MDPL.
(T.KR-DDS/S. Abdullah)

Pewarta : Dodi Saputra
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018Sumber: Antara Ekonomi Sumsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »