Korban banjir Pekanbaru mulai diserang penyakit

Korban banjir Pekanbaru mulai diserang penyakit Korban banjir Pekanbaru mulai diserang penyakit id pengungsi, ...

Korban banjir Pekanbaru mulai diserang penyakit

Korban banjir Pekanbaru mulai diserang penyakit

id pengungsi, banjir, korban banjir, dinas kesehatan, kesehatan pengungsi, puskesmas, banjir pekanbaru

Dokumentasi- pengungsi membantu menurunkan barang bantuan dermawan. (ANTARA/Dwa/17))

Pekanbaru (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyatakan sejumlah warga ibu kota Provinsi Riau terdampak banjir yang telah berlangsung dalam empat hari terakhir mulai terserang penyakit.
"Kita sudah melakukan penanganan bagi warga yang menderita penyakit karena terdampak banjir," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Helda S Mu nir kepada Antara di Pekanbaru, Senin.
Helda menuturkan, secara umum warga yang terdampak banjir mengeluhkan terserang penyakit kulit dan flu. Namun, dia menuturkan penyakit lainnya seperti diare rentan menyerang warga yang menjadi korban banjir.
Untuk itu, dia mengatakan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru telah berkoordinasi dengan Dinas terkait serta Puskesmas dan perangkat pemerintahan kecamatan untuk menangani korban banjir yang terserang penyakit.
"Layanan kesehatan telah kita bentuk di tenda-tenda darurat. Begitu juga petugas, ambulans kita siagakan. Intinya pasien yang ingin dapat layanan kesehatan, kita sudah siap," jelasnya.
Dinas Sosial Kota Pekanbaru mencatat sekitar 10.887 warga kota berjuluk Madani tersebut terdampak banjir. Banjir sendiri terjadi sejak Jumat awal Desember ini. Mayoritas pemukiman warga yang terendam banjir berlokasi di bantaran Sungai Siak dan sejumlah anak sungai di Kota tersebut.
"Di seluruh Pekanbaru berdasarkan data l aporan kita dari Tagana dan lainnya sekitar 3.567 kepala keluarga atau 10.887 jiwa terdampak banjir," kata Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Chairani.
Banjir yang terjadi akibat luapan Sungai Siak di Pekanbaru saat ini melanda sejumlah titik pemukiman warga di Kecamatan Rumbai dan Tenayan Raya. Di Rumbai, banjir terjadi di Perumahan Witayu, Palas dan Meranti Pandak.
Sementara di Tenayan Raya, banjir terjadi di kawasan padat penduduk seperti di Bambu Kuning dan Rejosari.
Sebagai langkah antisipasi, ia mengatakan Dinas Sosial Pekanbaru telah mendirikan 12 tenda pengungsian pada titik-titik banjir tersebut. Selain itu, pihaknya juga turut menyalurkan sembilan bahan pokok serta mendirikan dapur-dapur darurat.
"Di setiap tenda darurat kita dirikan juga dapur darurat serta distribusikan Sembako," tuturnya.
Lebih jauh, ia menuturkan saat ini terdapat sejumlah keluarga yang mengungsi akibat terdampak banjir tersebut.
Terpisah, Walikota Pekanbaru, Fir daus MT menuturkan bahwa dirinya telah meninjau sejumlah titik lokasi banjir. Firdaus mengatakan banjir yang terjadi di Pekanbaru mayoritas terjadi pada pemukiman yang berada di bibir Sungai Siak dan sejumlah anak sungai.
"Bantuan telah kita salurkan. Yang kita fokuskan dalam penanganan banjir ini adalah anak-anak karena mereka sedang menghadapi ujian," tuturnya.
Lebih jauh, dirinya berharap agar seluruh pihak baik Pemerintah Kota Pekanbaru, masyarakat dan swasta dapat bersama menangani permasalahan banjir.
"Agar kebersamaan bagi masyarakat, perusahaan untuk dapat saling membantu dan bersinergi membantu korban banjir," ujarnya. Pewarta : Bayu & Anggi Romadhoni
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017Sumber: Antara Sumsel Lintas Daerah

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Edukasi,2,Hiburan,4,Lokal,4,
ltr
item
Berita 24 Sumatera Selatan: Korban banjir Pekanbaru mulai diserang penyakit
Korban banjir Pekanbaru mulai diserang penyakit
https://cimg.antaranews.com/cache/sumsel/730x487/2017/09/201709241_1.jpg
Berita 24 Sumatera Selatan
http://www.sumsel.berita24.com/2017/12/korban-banjir-pekanbaru-mulai-diserang.html
http://www.sumsel.berita24.com/
http://www.sumsel.berita24.com/
http://www.sumsel.berita24.com/2017/12/korban-banjir-pekanbaru-mulai-diserang.html
true
4513003229324985515
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy