Gas paku gajah penuhi kebutuhan di Sumbagsel

Gas paku gajah penuhi kebutuhan di Sumbagsel Gas paku gajah penuhi kebutuhan di Sumbagsel id gas, Nanang Abdul...

Gas paku gajah penuhi kebutuhan di Sumbagsel

Gas paku gajah penuhi kebutuhan di Sumbagsel

id gas, Nanang Abdul Manaf, kebutuhan gas masyarakat, Pertamina EP Asset II, Gas paku gajah, migas, pertamina

Dokumentasi-Petugas memeriksa pipa penyaluran gas LPG di Depot LPG . (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17)

Muara Enim (ANTARA Sumsel) - PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero), meresmikan pengoperasian Proyek Pengembangan Paku Gajah (PGDP) untuk memenuhi tingginya kebutuhan gas di Sumatera Bagian Selatan.
"Pengoperasian PGDP sekaligus untuk menggantikan fasilitas produksi gas sementara yang di sewa sebelumnya," kata Presiden Direktur PT Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf saat peresmian PGDP di Muara Enim, Sumatera Selatan, Rabu.
Nanang mengatakan PGDP yang dikelola oleh Pertamina EP Asset II, terdiri dari dua Stasiun Pengumpul Gas (SPG), yaitu SPG Paku Gajah yang memiliki kapasitas produksi gas 45 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) dan SPG Kuang berkapasitas 25 MMSCFD.
Perusahaan itu juga menyelesaikan pembangunan jalur pipa utama yang menghubungkan SPG Paku Gajah ke SPG Merbau CO2 Removal yang sudah terbangun (existing). Panjang pipa tersebut mencapai 23 kilometer (km).
Total investasi proyek pengembangan Paku Gajah mencapai 145,10 juta dolar AS dari proyeksi awal sebesar 147,53 juta dolar AS.
Seluruh fasilitas tersebut akan mengalirkan gas untuk memenuhi kebutuhan pasar konsumen Perusahaan Gas Negara (PGN) maupun konsumen lainnya di Provinsi Sumatera Selatan dan sekitarnya.
Menurut Nanang, kebutuhan gas di Sumatera Bagian Selatan cukup tinggi. Berd asarkan data Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), total kebutuhan gas di Sumatera Selatan saja tahun 2017 ini mencapai 1.013,9 MMSCFD. Namun, komitmen pemenuhannya baru sekitar 353,2 MMSCD. Sementara itu "allocated demand" tercatat 330,7 MMSCD.
Untuk memenuhi kebutuhan pasar gas yang cukup besar di Sumsel dan memperpanjang masa produksi, Pertamina EP mengembangkan lapangan migas secara terintegrasi di sekitar area Paku Gajah dengan melakukan pengeboran eksplorasi dan pengembangan PGDP.
PGDP menggunakan fasilitas produksi yang lengkap mulai dari memproduksi gas bumi dari sumur-sumur eksplorasi maupun dari sumur pengembangan yang telah dibor sejak 2010.
"Beberapa pemboran sumur pengembangan dilakukan sejak 2010 melalui tahapan Put On Production (POP) dan pada 2013 dilanjutkan dengan pemboran pengembangan melalui tahapan Plan of Development (POD) yang telah disetujui SKK Migas pada Januari 2013," ujarnya.
Kepala SKK Migas Amien Suna ryadi saat meresmikan PGDP menyampaikan apresiasi atas kemampuan PT Pertamina EP menekan biaya investasi PGDP sehingga lebih rendah dari yang dianggarkan sebelumnya.
"Efisiensi biaya dalam proyek migas sangat penting karena dana hasil penjualan migasnya yang masuk kas negara akan lebih optimal setelah dikurangi biaya produksi dan pada akhirnya Dana Bagi Hasil Migas ke daerah juga meningkat," katanya.
Sementara Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Syamsu Alam mengatakan pengoperasian PGDP sebagai upaya memperpanjang umur cadangan gas agar terhindar dari krisis gas nasional.
"Terus terang saja saat ini Indonesia sudah masuk dalam krisis energi minyak dan lima tahun lagi akan terjadi krisis gas nasional jika tidak ada upaya pencarian cadangan gas baru," katanya.
Bupati Muara Enim Muzakir Sai Kohar mengatakan keberadaan proyek pengembangan gas Paku Gajah diharapkan bisa menambah pendapatan daerah dan meningkatkan ekonomi bagi masyarakat setempat. Pewarta : Faisal Yunianto
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017Sumber: Antara Bisnis Sumsel

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Edukasi,2,Hiburan,4,Lokal,4,
ltr
item
Berita 24 Sumatera Selatan: Gas paku gajah penuhi kebutuhan di Sumbagsel
Gas paku gajah penuhi kebutuhan di Sumbagsel
https://cimg.antaranews.com/cache/sumsel/730x487/2017/05/20170529Stok-LPG-Selama-Ramadan-290517-Lmo-5.jpg
Berita 24 Sumatera Selatan
http://www.sumsel.berita24.com/2017/12/gas-paku-gajah-penuhi-kebutuhan-di.html
http://www.sumsel.berita24.com/
http://www.sumsel.berita24.com/
http://www.sumsel.berita24.com/2017/12/gas-paku-gajah-penuhi-kebutuhan-di.html
true
4513003229324985515
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy