Brimob masih diperlukan sebagai postur paramiliter

Brimob masih diperlukan sebagai postur paramiliter Brimob masih diperlukan sebagai postur paramiliter Pewarta : Dani...

Brimob masih diperlukan sebagai postur paramiliter

Brimob masih diperlukan sebagai postur paramiliter

Pewarta : Daniel Leonard id Tito Karnavian, kapolri, brimob, paramiliter, reformasi Polri, polisi sipil, HUT Korps Brimob

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (kiri) didampingi Wakapolri Komjen Pol Syafruddin (tengah) dan Kabaharkam Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Ambon (ANTARA Sumsel) - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menegaskan bahwa kehadiran Brigade Mobil (Brimob) di tengah masyarakat saat ini masih tetap diperlukan sebagai postur paramiliter.
"Saa t ini masyarakat menghendaki agar Polri menjadi satuan yang betul-betul menjadi polisi sipil dan Brimob merupakan bagian penting dalam reformasi Polri menuju polisi sipil," kata Kapolri di Ambon, Selasa.
Namun, lanjut Kapolri, karena tantangan tugas dan situasi gangguan keamanan yang ada maka Brimob masih tetap diperlukan dalam postur paramiliter.
"Brimob harus memiliki jiwa sebagai polisi sipil, tetapi juga punya kemampuan taktis paramiliter karena adanya situasi ganguan keamanan yang membutuhkan kehadiran dan kemampuan teknis khusus untuk menghadapinya," kata Kapolri.
Penegasan tersebut disampaikan Kapolri saat menjadi inspektur upacara memperingati HUT Ke-72 Korps Brimob di Markas Brimob Polda Maluku Tantui, Ambon.
Pada bagian lain sambutannya, Kapolri menyatakan berdasarkan hasil beberapa survei citra Polri kini sudah semakin baik.
"Kita patut mensyukuri dalam berbagai survei yang telah dialaksanakan, Polri telah mengalami perbaikan dalam waktu beberapa tahun terakhir ini," ujar Kapolri.
Sebelumnya, kata Kapolri, Polri termasuk tiga institusi yang tidak dipercaya publik. Namun, dengan berbagai perbaikan semua jajaran, perbaikan komitmen, dan inovasi perbaikan sistem maka berbagai survei terakhir menunjukkan Polri kini termasuk empat institusi yang dipercaya publik.
"Saya mengharapkan citra baik yang sudah menanjak ini terus ditingkatkan oleh seluruh jajaran kepolisian," tandas Kapolri.
Kapolri mengharapkan jajaran Brimob memberikan peran dan kontribusi positif dalam rangka memperbaiki kepercayaan publik terhadap Polri.
Untuk itu, Kapolri meminta Korps Brimob betul-betul memahami konsep dan pemikiran yang ingin mewujudkan kepercayaan publik melalui peningkatan profesionalisme dan modernisasi.
Dikatakannya, tantangan ke depan yang akan dihadapi masih memerlukan kontribusi Brimob mulai dari konflik sosial, banyaknya kekerasan yang terjadi, hingga kekerasan kriminal bersenjata yang mem erlukan kehadiran bukan sekadar polisi biasa, melainkan polisi yang memiliki kemampuan paramiliter.
Kemudian gangguan keamanan lain atau bantuan-bantuan lain berupa penanganan bencana alam dan SAR yang memerlukan dukungan berbagai pihak termasuk kepolisian. Polri sangat mengandalkan Brimob untuk tujuan-tujuan yang mulia seperti ini.
"Kita juga akan menghadapi berbagai agenda yang cukup sensitif dan saya ucapkan terima kasih karena di tahun 2017 ada 101 wilayah melaksanakan pilkada yang meskipun ada dinamika, tetapi masih bisa kita kendalikan dan suasana integrasi Indonesia masih kita jaga dengan baik lewat sinergi semua pihak," tegas Kapolri.
Kemudian akan ada pilkada yang sama pada 171 wilayah di Indonesia tahun 2018, dan tantangan serta potensi konflik cukup besar karena adanya polarisasi kekuatan di kalangan masyarakat dalam rangka menentukan hak pilih.
Untuk itu, Polri memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga agar situasi gangguan kamtibmas teta b terkendali.
Menurut Kapolri, NKRI harus tetap berdiri dan untuk itu peran penting dari Brimob dengan kekuatan lebih dari 45 ribu personel di seluruh Indonesia menjadi salah satu tumpuan utama bagi kepolisian dalam menjaganya, dan tentu Polri pada posisi yang netral dalam rangka proses demokrasi seperti ini.
Selain itu, masih banyak agenda yang lain seperti ASEAN Games, IMF di Bali yang akan dihadiri lebih dari 100 kepala negara. Menjadi bagian dari tugas Polri untuk melakukan tugas pengamanan.
"Kami menyampaikan apresiasi tinggi kepada jajaran Brimob, masih tetap eksis 72 tahun dan merupakan prestasi yang tidak mudah," kata Kapolri. Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017Sumber: Antara Sumsel Polhukam

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Edukasi,2,Hiburan,4,Lokal,4,
ltr
item
Berita 24 Sumatera Selatan: Brimob masih diperlukan sebagai postur paramiliter
Brimob masih diperlukan sebagai postur paramiliter
https://cimg.antaranews.com/cache/sumsel/730x487/2017/11/20171114Adira-Finance-Untuk-Indonesia-FENY-2.jpg
Berita 24 Sumatera Selatan
http://www.sumsel.berita24.com/2017/11/brimob-masih-diperlukan-sebagai-postur.html
http://www.sumsel.berita24.com/
http://www.sumsel.berita24.com/
http://www.sumsel.berita24.com/2017/11/brimob-masih-diperlukan-sebagai-postur.html
true
4513003229324985515
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy